Ini 6 Bahan Tas Berkualitas untuk Membuat Tas Tahan Lama

Saat ini sudah banyak bahan tas yang berkualitas dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Seperti yang diketahui, tas menjadi salah satu kebutuhan banyak orang. Selain untuk membantu membawa barang kebutuhan, tas juga digunakan sebagai fashion agar tampilan semakin kece dan modis. Tak heran jika saat ini sudah banyak jenis tas.

Mulai dari sling bag, handbag, shoulder bag, ransel, sampai clutch. Tentunya setiap jenis tas akan menggunakan bahan yang berbeda-beda. Namun, bahan yang digunakan tentunya berkualitas dan kuat sehingga tas bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bahan Tas yang Berkualitas dan Awet

Memilih tas yang bagus tentunya harus melihat bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan memilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Bagi Anda yang ingin membuat tas atau membeli tas, berikut beberapa bahan tas yang bisa tahan lebih lama.

1. Bahan Kulit

Salah satu bahan tas yang banyak digemari adalah bahan kulit. Biasanya bahan ini digunakan untuk tas berkualitas premium dari produsen tas kelas atas. Ada beberapa keuntungan jika menggunakan bahan tas satu ini, mulai dari mudah dipotong, mudah dibentuk, sampai tampilannya yang eksklusif.

Alasan banyak desainer yang memilih menggunakan tas bahan kulit karena bisa bertahan lebih lama. Namun, karena bahannya yang berkualitas, maka harganya pun terbilang cukup mahal. Apalagi proses pembuatannya tidak sembarangan untuk bisa menghasilkan tas kulit berkualitas.

2. Bahan Polyester

Bahan tas yang berkualitas dan banyak dipilih adalah polyester. Bisa dibilang bahan ini terjangkau jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Hal inilah yang membuat pengembangan bahan polyester sangat beragam dan menghasilkan jenis yang menarik. Jika dilihat dari segi kekuatan, terbilang kurang dibandingkan bahan lainnya.

Namun, biasanya bahan ini akan dilapisi dengan PVC sehingga memberikan kesan yang tebal dan kuat. Salah satu keunggulan bahan tas ini adalah tahan panas mencapai 200° Celsius. Bahan polyester yang populer di era sekarang adalah dinier 300 dan dinier 600.

3. Bahan Kanvas

Jika Anda mencari bahan tas yang bagus dan kuat, maka salah satu solusinya adalah bahan kanvas. Ada dua jenis kanvas, yakni kanvas lukis dan baby canvas. Jenis kanvas lukis mempunyai bahan yang sifatnya kaku, tebal, dan sedikit kasar. Namun, jenis baby canvas mempunyai sifat yang lebih lembut dan halus.

Salah satu keunggulan dari tas kanvas ini adalah membuat penggunanya terlihat lebih fashionable dan stylish. Selain itu, jenis kanvas bisa bertahan dalam waktu yang lama. Tak heran jika bahan ini mempunyai peminat yang tinggi. Apakah Anda salah satunya?

4. Bahan Satin

Satin adalah salah satu bahan yang populer dan biasanya digunakan untuk membuat baju. Namun, tidak hanya bisa membuat baju, tapi bahan ini juga bisa digunakan untuk membuat tas, lho. Bahkan, tas yang dihasilkan adalah tas berkualitas premium. Bahan ini mempunyai karakteristik yang tipis dan berkilau.

5. Bahan Denim

Bahan denim adalah bahan yang populer dan banyak digunakan untuk membuat celana, jaket, dan kemeja. Selain itu, bahan ini ternyata juga bisa digunakan untuk pembuatan tas. Mulai dari tas selempang, tote bag, ransel, dan lain sebagainya. Selain karena bahannya yang kuat, bahan denim bisa memberikan kesan kasual kepada penggunanya.

6. Bahan Kain

Ada beberapa jenis pilihan bahan kain yang bisa dipilih, salah satunya adalah katub. Tas dengan bahan kain banyak dipilih karena mempunyai harga yang murah dibandingkan bahan lainnya. Namun, jika dilihat dari segi kekuatan, tas dengan bahan kain terbilang cukup awet.


sumber: https://www.radarbandung.id/2022/07/23/ini-6-bahan-tas-berkualitas-untuk-membuat-tas-tahan-lama/